5 reasons why you should live in Canberra

Sebagai seseorang yang sudah pernah tinggal di Australia, saya pernah menyaksikan beberapa ciri khas atau tipikal orang-orang yang hidup di 2 kota besar di sana, yaitu Sydney dan Melbourne. Tidak sedikit pula dari teman-teman atau kolega saya beranggapan bahwa Sydney adalah ibukota Australia, yang sama sekali hal itu sangat tidak benar.

Saya datang ke Australia sebagai pemegang visa bekerja dan berlibur atau Work and Holiday Visa (WHV) tahun 2015 dan saya berkesempatan untuk tinggal dan bekerja sebagai Au Pair dan room attendant di ibu kota Australia, Canberra.

Benar sekali, mungkin tidak banyak orang yang mengetahui kalau Canberra adalah ibu kota Australia. Kota kecil yang hanya berpenduduk sekitar 400ribuan orang ini bisa ditempuh sekitar 3 jam dari Sydney dan 8 jam dari Melbourne dengan menggunakan bus. Letaknya yang sangat strategis karena ada di antara 2 kota besar ini yang membuat saya meyakinkan diri untuk stay di sana selama masa merantau.

Setahun di sana rasanya sudah cukup banyak alasan yang bisa saya bagikan mengapa orang-orang harus datang ke Canberra dan tinggal di sana (kalau ada kesempatan). Adapun 5 alasan yang akan saya tuliskan di antaranya adalah:

  1. Canberra sebagai ibu kota negara. Rasanya sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya ketika saya mempunyai kesempatan untuk tinggal di sebuah ibu kota suatu negara. Walaupun saya tidak terlalu paham politik, tapi saya selalu tertarik untuk menyaksikan kehidupan politik ataupun peninggalan-peninggalan bersejarah di kota tersebut. Canberra ini layaknya Washington DC di Amerika, kota yang bisa dibilang sepi untuk ukuran sebuah ibu kota dan jauh dari hingar bingar kehidupan kota besar. Kota kecil yang memang dikhusukan untuk menjadi pusat pemerintahan, bukan pusat perekonomian.
  2. Canberra yang less crowded and more peaceful. Seperti yang saya sudah jelaskan di atas tadi, kota ini relatif sepi karena hanya dihuni ratusan ribu orang yang kebanyakan dari mereka adalah pegawai pemerintahan. Terlebih, lebih dari setengah area Canberra adalah lahan hijau atau nature reserve. Hal inilah yang saya rasakan selama di sana bahwa orang-orang tinggal dengan aman dan nyaman, dan lebih damai. Saya jarang sekali menemukan orang Canberra yang bertutur kata kasar atau mengumpat yang menjadi indikasi bahwa mereka hidup dengan tingkat stress yang lebih rendah di bandingkan di kota besar.
  3. Canberra mempunyai jalur sepeda terbaik di Australia. Selama di Australia, saya sudah mengunjungi setidaknya 3 kota lainnya, Sydney, Melbourne dan Hobart tapi tidak saya temukan di salah satu mereka yang mempunyai jalur sepeda sebaik di Canberra. Transportasi di sana memang sedikit merepotka karena hanya tersedia bus dan taxi saja, terlebih di hari Sabtu dan Minggu, bus sangat jarang sekali muncul. Untuk menyiasatinya, saya sering bepergian menggunakan sepeda ke tempat-tempat yang bisa dijangkau ataupun hanya sekedar olah raga saja. Di sana, jalur sepedanya sangat diperhatikan oleh pemerintah, sangat aman dan nyaman. Bersepeda menjadi hal yang paling menyenangkan selama saya tinggal di sana.
  4. Canberra mempunyai salah satu universitas terbaik di Australia. Selain pegawai pemerintah, di Canberra ini pun dipenuhi oleh mahasiswa-mahasiswa dari seluruh dunia yang belajar di Australian National University dan University of Canberra ataupun di Canberra Institute of Technology. The Australian National University (ANU) sendiri adalah universitas no 3 terbaik di Australia setelah Uni Melbourne dan Sydney (menurut australianuniversities.com.au) Kota inipun termasuk ke dalam 20 kota terbaik dunia yang layak huni untuk mahasiswa (the Canberra Times). Tak heran, selama saya di sana, aura-aura untuk bersekolah kembali sangat tinggi karena didukung dengan pemandangan-pemandangan mahasiswa di berbagai sudut kota.
  5. Canberra memiliki banyak kursus bahasa Inggris gratis. Salah satu hal yang paling saya suka tinggal di Canberra ini adalah di tempat ini, perpustakaan-perpustakaan umum dan berbagai lembaga masyarakat menyediakan kursus bahasa Inggris gratis untuk para pendatang. Kursusnya sendiri tersebar di setiap suburb (kota satelit) di Canberra dan bahkan salah satu perpustakaan di pusat kota menyediakan kursus IELTS gratis untuk siapapun yang ingin datang. Di sini, kita diajari oleh English natives (pengajar bahasa Inggris asli) dari berbagai negara berbahasa Inggris yang memang sudah menetap di Canberra. Kelasnya sendiri ada beberapa yang dimulai pagi hari dan siang hari, bahkan ada di malam hari. Sungguh kelas-kelas ini membantu saya dalam komunikasi sehari-hari dalam bahasa Inggris dan tentunya saya bisa bertemu banyak orang baru dari seluruh dunia.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s